Selasa, 24 April 2012

Serba serbi Disc Brake Sepeda



Disc brake ada 2 macem, mekanik dan hidrolik. Untuk saat ini, range harga brake mekanik 800 rb ke bawah, sedangkan hidrolik 800 rb ke atas. Mekanik sistem pengeremannya menggunakan tarikan kabel, sedangkan hidrolik menggunakan oli khusus, seperti disc brake motor.


Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Hidrolik lebih responsif, tuas rem dipencet pakai satu jari aja sudah berhenti. Mekanik butuh setidaknya dua jari buat mencet, inipun brake mekanik yang bagus. Kalau yang abal-abal bisa butuh 3-4 jari biar berhenti. 


Jadi kelebihan hidrolik akan sangat terasa pada saat offroad, khususnya di turunan. Konsentrasi kita cukup difokuskan pada handling, karena untuk braking cukup dipercayakan pada satu jari, tidak perlu banyak energi. Kalau pakai mekanik, fokus pada handling terpecah, karena tenaga jari tangan kita juga direpotkan oleh aktivitas ngerem.


Hidrolik juga settingnya bisa menyesuaikan sendiri kalau padnya berkurang/menipis. Sedangkan mekanik, kalau pad berkurang harus disetting manual biar tuas rem nggak terlalu dalam.


Tapi hidrolik lebih repot kalau ada masalah, misalnya oli bocor atau ada angin palsu. Beberapa kali lihat temen batal maen offroad gara-gara rem hidroliknya bermasalah. Sedangkan mekanik, kalau bermasalah biasanya lebih gampang diatasi.
================================================================

Bukan hanya sepeda, tapi semua jenis kendaraan yang pake rem hidrolik (mobil n motor), pasti rawan masuk angin kalo proses pengisian atau penggantian minyaknya ga sempurna.
Bisa jadi karena terjadi kebocoran di seal jadinya ada udara yg masuk dari situ.


Tipe minyak yg digunakan pada rem hidro sepeda selama yg saya tau ada 2.
Yaitu mineral oil (digunakan di produk shimano, magura dan ada 1 merk lagi saya lupa)
Dan satu lagi pake minyak DOT,sama kayak yg digunakan di mobil atau motor (digunakan di produk hayes,avid,hope,dll).
Ingat, kedua jenis minyak tersebut tidak bisa saling ditukar pemakaiannya kalo ga mau terjadi kegagalan fungsi rem.


Mineral oil titik didihnya lebih rendah daripada minyak dot, makanya kenapa shimano banyak pake resin pad agar gesekan panas tidak langsung tersalur ke dalam minyak (walaupun ada jg beberapa type shimano yg pake metal pad), tapi enaknya mineral oil tidak keras terhadap seal dan tidak mudah menguap, jd kalo sepeda dalam keadaan ga kepake lama, lebih aman..selain itu produk shimano lebih soft ngeremnya


Nah kalo minyak dot, titik didihnya lebih tinggi. Makanya produk yg pake minyak dot biasanya pake metal pad. Tapi kelemahannya minyak dot ini uapnya aga keras ke seal,berasa kalo sepedanya jarang dipake,tapi kalo sering dipake ya ga masalah.
Coba deh perhatikan showroom sepeda yang majang sepeda2 stok lamanya, biasanya di sekitar lever sedikit luntur cat levernya.


=======================================================

Review:
Karena banyak yg ingin ada yg me-review soal Mechanical Disc Brake merk BENGAL ini, maka saya dengan keterbatasan pengetahuan tentang sepeda (maklum newbie ) memberanikan diri untuk memberikan sekilas review'nya.
Setelah pemakaian selama 2 minggu, terasa beda dengan mechanic brake yg saya pakai sebelumnya dengan nilai harga yang setara (Tektro IO), bahkan feel'nya lebih mendekati Hayes MX1, pas dikombinasikan dengan rotor hayes 7" v-cut buat front brake yg saya punya, rasanya maknyosss tenan untuk ukuran Mechanical Disc Brake (jangan dibandingin dengan yg Hydro Disc Brake yach... ), rotor bawaannya yg 6" juga berfungsi maksimal untuk rear brake.


Harga: 5/5
Nah ini dia yg jadi pemikiran pertama, dengan bentuk rotor yg keren banget (mirip banget dgn ASHIMA rotor... ) and harga yg murmer (setara Tektro IO Mechanical Disc Brake), hasil yg diharapkan melebihi jumlah uang yg dikeluarkan, sangat value for money'lah...   


Penampilan: 5/5
Penampilan TOP banget, apalagi dengan rotor yg mirip dengan Rotor ASHIMA (bergelombang), caliper'nya juga simple dan ada 2 pilihan warna (silver & black glossy), style muantap...  


Performa: 4/5
Performa memuaskan, serasa memakai Mechanical Disc Brake setara Hayes MX1, pengereman cukup responsif, apalagi jika dikombinasikan dengan rotor 7" dan cable brake berkualitas (cable brake XTR = +/-50rb sepasang), wuah maknyosss banget...   


Kualitas: 5/5
Kualitas sangat Ok baik dari fungsi dan style'nya jika dibandingkan dengan harga yg murmer (jgn dibandingkan dgn yg mahal yach ).
Sudah coba dipakai 1 bulan (lumayan Ok, reduse di performa karena pas dipakai agak kasar dgn speed tinggi, kurang halus pengeremannya... ), namun dengan ketersediaan brake pad yg juga kompatible dgn brake pad Hayes, maka perasaan jadi tenang, nggak takut kalo pad habis susah nyarinya...   


Kesimpulan:
Highly recommended buat temen'2 goweser yg pengen upgrade ke Mechanical Disc Brake dgn harga yg murmer kualitas mantap, cuma kalo buat yg extreem ya nggak lah... 

1 komentar:

  1. terima kasih gan infonya. sangat membantu saya yang lagi membutuhkkan

    BalasHapus