Rabu, 25 April 2012

Jenis Ban Sepeda


Ini ban untuk sepeda gunung/mountain bike. Perhatikan tonjolan-tonjokan di jalurnya. Ini memberikan traction yang baik saat bersepeda off-road, karena bisa mencengkram dengan baik di tanah, pasir, batu-batu dan medan lain yang tidak biasa.
Ban sepeda gunung ini tidak dipompa dengan tekanan yang sama seperti ban road bike. Ban ini agak rendah sedikit tekanannya sehingga bisa mencengkram lebih baik dan lebih enak dikendarai









Ban ini untuk perkotaan/commuter riding. Dirancang untuk memberikan daya tahan yang lama. Karena itu diberikan lapisan kevlar untuk menahan benda-benda tajam yang menyebabkan ban kempis.
Perhatikan bahwa ban jenis ini mempunyai tapak yang lebih dari sepeda balap sehingga membuat traksi yang lebih baik dan mencengkram bahkan pada permukaan beraspal yang basah.
Ban ini juga mempunyai sisi ban yang refleksif untuk menambah visual antar sesama biker.





Ban Sepeda Balap /racing bike atau biasa disebut road bike. Ban jenis ini didesain untuk dipakai di jalan beraspal dan kecepatan tinggi, dan bentuk ban adalah salah satu tujuannya untuk meminimalisir gesekan, ban ini halus tanpa tapak/kembangan. Juga diberi tekanan udara sangat tinggi, sering di ukuran 110-120 psi. Ini membuatnya berputar lebih efisien.
Karena pengendara sepeda balap ingin sepedanya seringan mungkin, maka ban ini kebanyakan lebih tipis dari yang lainnya.







Ban untuk touring jarak jauh. Mirip seperti ban untuk sehari hari, ban untuk touring didesain dengan daya tahan yang tinggi untuk pemakaian waktu lama dan menghindari ban kempis. Ban jenis ini juga cocok untuk beban yang berat di perjalanan jauh tapi tetap menawarkan bersepeda yang nyaman.






1 komentar:

  1. Thx utk infonya.. mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/ban-sepeda-cepat-kempes-pakai-ini-saja/

    BalasHapus