Rabu, 25 April 2012

Jenis Frame Sepeda


Tulisan ini dihadirkan agar pada saat membeli sepeda pertama kali bisa memperhatikan kualitas dari frame itu sendiri agar tidak terjadi kesalahan fungsi dalam penggunaannya selain itu diharapkan ketika mengetahui dari jenis bahan apa frame sepeda yang kita gunakan diharapkan perawatan yang dilakukan sudah sesuai dengan kondisi frame itu sendiri.


Adapun bahan untuk frame sepeda itu diantaranya :


Hi-ten steel
Harganya paling murah, biasanya banyak digunakan untuk sepeda umum dan sport amatir. Gampang di dapat, tapi bisa berkarat dan sambungan lasnya kecil kecil.


Aluminium
Harga bahan ini terbilang agak murah dan sangat umum digunakan pada sepeda sport biasa dan profesional. Ringan dan anti karat tapi sambungannya cukup besar ini dikarenakan ketebalannya alumunium 1/3 dari hi ten steel dan 1/3 lebih ringan serta umumnya tubing framenya selalu dibuat besar besar. Warna dasarnya silver abu abu.


Scandium
Harganya tergolong lumayan. bobotnya hampir sama dengan aluminium warna aslinya adalah silver abu abu. ringan dan lebih kuat dibanding carbon.Tidak berkarat.


Carbon
Harga termasuk mahal karena proses pembuatannya cukup rumit, terbuat dari serat karbon yang dipadatkan dan dibentuk. warnanya hitam abu abu serta nampak serat karbonnya seperti anyaman. sambungannya tidak ada kerena di cetak. Sangat ringan dan lentur sehingga tidak menghambat genjotan berat dan cepat. Kekurangan dari bahan ini adalah gampang retak dan pecah jika kena benturan keras serta ada jangka waktunya.


Titanium
Harganya termasuk yang paling mahal karena bahannya cukup langka, ringan dan sangat kuat, warna abu-abu, tidak berkarat dan sambungan lasnya halus. Kekuatannya sama dengan hi ten steel tetapi bobotnya 1/2 kali lebih ringan begitu juga dengan ketebalannya hanya 1/2 dari besi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar